Tuesday, June 7, 2011

Motor di Jalan yang Banjir BUKAN MASALAH !

sebenarnya ide ini ane udah lakuin lama banget semenjak liat air yang dilewatin ama motor + mobil + truk + apapun yang melintasi genangan air, ane langsung kepikiran caranya supaya bisa ngelewatin jalanan yang tergenang aer begitu banyaknya. menurut pengalaman ane cara ini bisa lewatin genangan air ampe setinggi lutut kaki orang dewasa. WOW. jadi nggak usah kawatir ama yang namanya mogok ditengah jalan apa lagi mogok pas di genangan airnya.

tipsnya gampang banget n bisa dilakuin ama sapa aja (oya, bagi pemilik sepeda motor yang knalpotnya masih jadul, klo ngelakuin tips ini batasnya cuman ampe setengah kaki orang dewasa) dan dimana saja. disesuaikan ama kondisi jalan n pemilik motor. caranya ada 3 macem, tapi yang sangat disarankan cara yang pertama.

caranya :
  1. pas ngelewatin genangan air, usahakan para pembaca berada dibelakang kendaraan bermotor yang lain (lebih disarankan dibelakang mobil) pas dibelakang rodanya. jaraknya terserah pembaca yang amannya segimana tapi jangan terlalu jauh. nah, cara ini yang paling efektif n yang paling ampuh. penjelasannya begini. pas kendaraan didepan para pembaca melaju digenangan air, otomatis roda kendaraan yang ada didepan para pembaca membelah genangan air tersebut sehingga air tersebut dapat dikatakan terbelah dan kedalamannya berkurang. nah situasi ini yang dimanfaatkan untuk motor. klo motor berada dibelakang ban yang melaju tadi dijamin motor tersebut bisa melaju di genangan air.
  2. melajulah sekencang2-nya dijalan yang nggak ada genangan airnya (dengan gigi 1 klo genangan airnya selutut) lalu menerobos genangan air yang menghadang ! nah cara ini cukup bahaya mengingat nggak semua kondisi jalan rata, bisa2 udah jatuh dluan sebelum menerobos ato malahan berenang di genangan airnya hehehe... klo cara ini perlu ekstra hati2 bagi para penunggang motor, karena sewaktu2 motor bisa ilang kendali n akhirnya jadi kapal selem deh tuh motor. penjelasannya begini. cara ini memakai manfaat dari kecepatan, klo suatu barang yang cepat menerobos genangan air maka jarak yang ditempuh oleh barang tersebut bisa lebih jauh. nah situasi ini yang dapat digunakan buat nerobos genangan air. yang perlu diinget klo genangan airnya setinggi lutut, jangan sekali2 pake gigi diatas 2 dijamin langsung mogok n ngegasnya stabil.
  3. nah cara yang satu ini paling sering diliat di tv2. minta tolong ama warga sekitar buat ngedorong hehehe. tapi cara ini jangan dikira gratis, ane pernah liat angkot yang didorong ama warga sekitar tapi ujung2nya dimintain duit n temen ane juga pernah dimintain duit buat ngedorong motornya.
nah tinggal para pembaca pilih, mana yang mau dipake buat menerobos genangan air. klo ane sih lebih prefer ke cara yang pertama karena bisa dipake buat segala kondisi genangan air (itung2 celana nggak basah hehehe). masih ada sih cara2 yang lain, tapi ane udah seleksi kilat jadi sisa tiga deh hehe. moga bermanfaat deh bagi para pembaca...



Regards

No comments:

Post a Comment