Monday, May 23, 2011

Singapore vs Indonesia

baru pulang dari negara kecil yang tidak bisa dianggap sepele oleh dunia yaitu singapore. baru pulang dari sana nih hehehe, mungkin udah pada kesana n ngerasa perbedaannya kayak gimana. yang pasti jauh banget deh dari segi teknologinya ama yang namanya kedispilinanya. klo dipikir2 lagi kapan ya bangsa kita bisa kayak singapur. yang jelas ane berharap banget klo indo bisa kayak gitu dari bidang teknologi n transportasinya biar klo kemana2 gampang n nggak kena yang namanya macet. sedikit aja deh ane kasih tau bedanya ama indonesia yang jelek ama yang bagusnya dari singapore.
  • nggak ada polisi dijalan. mungkin jadi keuntungan buat para pengendara liar tapi kabar buruknya CCTV dimana2. tapi klo dijalan ada tempat tersembunyi jadi semua aktivitas dijalan raya bisa terpantau dengan baik. lho polisinya dimana ? polisinya bertapa di kantornya buat ngawasin dari CCTV. jadi klo ada yang ngelanggar tinggal liat dari cctv udah itu polisi tinggal samperin deh. nggak hanya dijalan raya tapi ditempat umum laennya juga ada cctv seperti di mal ato dirumah sakit ato dikampus ato disekolah dimana2 deh. kadang2 polisi berpatroli sebentar untuk ngetilang kendaraan yang melanggar peraturan dijalan.
  • serba otomatis. maksud dari serba otomatis ini hampir semua fasilitas di singapore otomatis. mulai dari pembayaran tiket MRT (semacam transportasi di singapore dengan menggunakan kereta n bus dengan menggunakan kartu bayarnya), bayar ERP (sejenis pembayaran buat masuk jalan dengan menggunakan alat yang ada didashboard mobil ato motor pokokkya kendaraan bermotor. klo di indo kayak masuk jalan tol cuman klo disingapore dijalan rayanya jadi langsung kepotong saldo yang ada di alat tersebut dengan dimasukkan kartu), pintu otomatis (disemua tempat umum n kampus terutama pintu depannya), flush otomatis (toilet berdiri ato duduk) ditempat umum. dan masih banyak lagi yang otomatis2 laennya.
  • serba denda. mungkin ini hal yang paling nggak disuka ama orang indo. klo kenapa2 n yang ngerugiin dikit aja orang laen apa lagi negara bakal kena denda. dendanya juga nggak dikit. paling sedikit S$50 (1 dolar singapore +- Rp. 7.000,-) itu juga gara2 nyebrang jalan sembarangan. WOW. klo di indo diberlakukan hukum kayak gitu kayalah negara kita hehehe. klo yang nyebrang sembarangan kena tabrak mobil ampe mati juga yang nabrak nggak salah tapi yang nyebrang nya kena denda ama dihukum. nyebrang jalan denda, bawa duren ke tempat umum n transportasi umum denda, merokok sembarangan denda, buang sampah sembarangan denda, nggak nyiram abis BAB ato BAK denda, pokoknya serba denda deh.
  • bersih, tertib, tepat waktu. nah mungkin hal ini yang paling susah buat indonesia buat diterapin dinegaranya karena kebiasaan buruk yan terus dipelihara termasuk ane sih hehehe... transportasi umumnya tepat waktu mulai dari keberangkatan ampe nyampenya semua udah tepat waktu n yang paling penting semua tempat umum bersih. BERSIH !!!
masih banyak sih kelebihan dari negara n kota ini, mungkin gara2 negara n kotanya kecil jadi mudah diatur kali ya moga indo bisa cepet2 kayak singapore dah. satu hal kekurangan singapore adalah penduduknya yang terlalu individualis. gara2 perkembangan jaman modern yang menuntut serba cepat dan lebih memenuhi kebutuhan primer diri sendiri jadinya orang laen nggak diperhatiin. segitu aja deh tentang singapore, nggak usah dikasih tau perbedaan ama indonesia mungkin udah pada tau hehehe



Regards

2 comments:

  1. Benar sekali.. saya pernah ke singapore pada tahun 2002 dan banyak hal yg patut dicontoh dari kedisiplinan masyarakatnya..

    ReplyDelete
  2. setuju banget...
    semoga negara ini bisa berkembang dengan baik

    ReplyDelete